Tupoksi

PENJABARAN TUGAS POKOK, FUNGSI DAN TATAKERJA KEPALA DINAS, SEKRETARIS, KEPALA BIDANG, KEPALA SUB BAGIAN, KEPALA SEKSI, KEPALA UPTD, KEPALA SUB BAGIAN TATA USAHA UPTD DAN KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL DI LINGKUNGAN DINAS PERUMAHAN RAKYAT, KAWASAN PEMUKIMAN, TATA RUANG DAN PERTANAHAN KABUPATEN TEGAL

KEWENANGAN :

a. Perumusan kebijakan, pembinaan, pembangunan, dan pengawasan kawasan perkotaan dan pedesaan;

b. Perumusan kebijakan, pembinaan, pembangunan, dan pengawasan kawasan siap bangun (Kasiba) dan lingkungan siap bangun (Lisiba) yang berdiri sendiri, permukiman kumuh/nelayan, dan pembangunan kawasan;

c. Perumusan kebijakan, strategi, pembangunan dan pengawasan bangunan gedung dan lingkungan;

d. Perumusan kebijakan, strategi, dan program di bidang pembiayaan perumahan, baik pembangunan perumahan baru maupun perbaikan perumahan;

e. Perumusan kebijakan perumahan formal dan perumahan swadaya;

f. Perumusan kebijakan dan strategi dalam pengembangan kawasan, yang mencakup kawasan skala besar, skala khusus, keterpaduan prasarana kawasan, keserasian kawasan dan sistem pengembangan kawasan;

g. Perumusan, penyempurnaan dan penerapan peraturan perundang-undangan bidang perumahan;

h. Pendayagunaan pemanfaatan hasil teknologi bahan bangunan, sosial ekonomi budaya serta PSU pendukung perumahan;

i. Pemberdayaan para pelaku pendukung perumahan;

j. Perumusan kebijakan penataan ruang;

k. Pembinaan dan penyebarluasan informasi penataan ruang kepada masyarakat;

l. Perencanaan, pemanfaatan dan pengendalian pemanfaatan ruang, serta pengawasan pelaksanaan penataan ruang;

m. Penyelenggaraan pengadaan tanah dan gant rugi tanah;

n. Penetapan subyek dan obyek distribusi tanah;

o. Penetapan dan penyelesaian masalah tanah ulayat, dan penyelesaian sengketa tanah garapan, serta pemanfaatan tanah kosong;

p. Menyelenggarakan kesekretariatan/ketatausahaan Dinas.

1. NAMA JABATAN : KEPALA DINAS PERUMAHAN RAKYAT, KAWASAN PERMUKIMAN, TATA RUANG DAN PERTANAHAN.

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Dinas Perumahan Rakyat,Kawasan Permukiman,tata ruang dan pertanahan mempunyai tugas pokok membantu bupati dalam menyelenggarakan urusan pemerintah daerah berdasarkan azas otonomi dan tugas pembantuan dibidang perumahan rakyat,kawasan permukiman,tata ruang dan pertanahan.

Untuk melaksanakan tugas tersebut,kepala dinas perumahan rakyat, kawasan permkiman, tata ruang dan pertanahan mempunyai fungsi :

a. Penyusunan dan penetapan perencanaan dinas;

b. Perumahan kebijakan umum dan teknis operasional di bidang perumahan rakyat, kawasan permukiman, tata ruang dan pertanahan;

c. Penyelengaraan urusan pemerintah dan pelayanan dibidang permahan rakyat, kawasan permukiman, tata rruang dan pertanahan;

d. Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang perumahan rakyat,kawasan permukiman, tata ruang dan pertanahan;

e. Pembinaan terhadap UPTD dibidang perumahan rakyat, kawasan permukiman, tata ruang dan pertanahan;

f. Pembinaan pengelolaan urusan ketatausahaan;

g. Pengendaliian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugasdibidang perumahan rakyat, kawasan permukiman, tata ruang dan pertanahan;

B. URAIAN TUGAS :

a. Menyusun dan penetapan perencanaan dinas;

b. Meruumuskan kebijakaan umum dan teknis operasional dibidang perumahan rakyat,kawasan permukiman, tata ruang dan permukiman;

c. Menyelenggarakan koordinasi dan instasi/lembaga terkait dalam pelaksanaan program-program di bidang perumahan rakyat, kawasan permukiman, tata ruang dan pertanahan;

d. Membina dan memberikan dukungan atas penyelenggaraan tugas dibidang perumahan rakyat, kawasan permukiman,tata ruang dan pertanahan;

e. Membina dan mengelolah keseketariatan/ketatausahan dinas;

f. Membina UPTD di bidang perumahan rakyat,kawasan permuukiman, tata ruang dan pertanahan;

g. Menginventarisasi dan menyelesakan permasalahan yang berhubungan dengan bidang perumahan rakyat,kawasan permukiman, tata ruang dan pertanahan;

h. Mendistribuskan tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan proposi masing-masing;

i. Memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatakan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;

j. Mengendaliakan, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas di bidang perumahan rakyat, kawasan permukiman, tata ruang dan pertanahan;

k. Menyelengarakan tugas lain yang diberikan oleh bupati sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

 

C. TANGGUNG JAWAB

a. Tersusunya perencanaan dinas;

b. Terumuskannya kebijakan umum dan tekns operasional di bidang perumahan rakyat, kawasan permukiman, tata ruang dan pertanahan;

c. Terselenggaranya urusan pemerintahan dan pelayanan di bidang perumahan rakyat, kawasan pemukiman, tata ruang dan pertanahan;

d. Terlaksananya pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang perumahan rakyat, kawasan permukiman, tata ruang dan pertanahan;

e. Terbinanya UPTD di bidang perumahan rakyat, kawasan permukiman, tata ruang dan pertanahan;

f. Terbinanya pengelolaan urusan ketatausahaan;

g. Terlaksananya pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang permukiman, perumahan rakyat dan pertanahan;

h. Terwujudnya keteraturan, kelancaran dan ketetapan waktu dalam pelaksanaan tugas.

 

2. Nama jabatan : Sekretaris

A. Tugas pokok dan fungsi

Sekretaris mempunya tugas pook membantu kepala dinas dalam melaksanakan pengkoordinasian penyiapan bahan penyusunan perencanaan, penatausahaan urusan keuangan, kepegawaian dan umum, dan pengkoordinasian penyelenggaraan tugas dinas.

Untuk melaksanaa tugas tersebut, sekretaris mempunyai fungsi :

a. Penyiapan bahan penyusunan rencana kerja;

b. Penyiapan bahan perumusan kebijakan umum dan teknis kesekretariatan / ketatausahaan;

c. Pengkoordinasian penyiapan bahan penyusunan perencanaan dinas;

d. Pengkoordinasian penyiapan bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional d bidang perumahan rakyat, kawasan permukiman, tata ruang dan pertanahan;

e. Pengkoordinasian penyiapan bahan penyusuanan laporan penyelenggaraan tugas dinas;

f. Pengelolaan urusan keuangan, kepegawaian dan umum;

g. Pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan urusan kesekretariatan.

 

B. Uraian Tugas :

a. Menyiapkan bahan penyusunan rencana kerja;

b. Menyapkan bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional kesekretariatan/ketatausahaan;

c. Melaksanaan pengkoordinasian penyiapan bahan rencana kerja dinas;

d. Melaksanakan pengkoordinasian penyiapan bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional di bidang permukiman, perumahan rakyat dan pertanahan;

e. Melaksanakan pengkoordinasian penyelenggaraan tugas dinas;

f. Melaksanakan koordinasi dan pengelolaan urusan keuangan kepegawaian dan umum;

g. Melaksanakan pengkoordinasian penyiapan bahan penyusunan laporan penyelenggaraan tugas dinas;

h. Menginvestarisasi permasalahan yang berhubungan dengan urusan kesekretariatan/ketatausahaan serta menyajikan alternatif pemecahannya;

i. mendistrbusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;

j. memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;

k. melaksanakan pengendalian, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas;

l. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

C. Tanggung Jawab :

a. Tersedianya bahan penyusunan rencana kerja;

b. Tersedianya bahan perumusan kebijakan umum dan teknis kesekretariatan/ketatausahaan;

c. Tersedianya bahan penyusunan perencanaan dinas;

d. Tersedianya bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional di bidang perumahan rakyat, kawasan permukiman, tata ruang dan pertanahan;

e. Terkoordinasikannya penyelenggaraan tugas dinas;

f. Tersedianya bahan bimbingan dan pengendalan teknis dinas;

g. Tersedianya bahan penyusunan laporan penyelenggaraan tugas dinas;

h. Terkelolanya urusan keuangan, kepegawaian dan umum;

i. Terlaksananya pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan urusan kesekreriatan;

j. Terwujudnya keteraturan, kelancaran, dan ketetapan waktu dalam pelaksanaan tugas.

 

3. Nama Jabatan : Kepala sub bagian perencanaan dan keuangan

A. Tugas pokok dan fungsi:

Kepala sub bagian perencanaan dan keuangan mempunyai tugas pokok membantu sekretaris dalam melakukan identifikasi, analisa, pengolahan dan penyajian data untuk penyiapan bahan penyusunan perencanaan, dan melakukan penyiapan bahan monitoring, evaluasi dan pelaporan serta pengeloaan keuangan.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, kepala sub bagian perencanaan dan keuangan mempunyai fungsi:

a. Penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;

b. Penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis perencanaan dan pengelolaan keuangan dinas;

c. Penelaahan data untuk penyiapan bahan perumusan kebijakan tekis bidang perumahan rakyat, kawasan permukiman, tata ruang dan pertanahan;

d. Penyiapan data sebagai bahan monitoring dan evaluasi pelaksanaan rencana kerja dinas;

e. Penyiapan data sebaga bahan penyusunan pelaporan pelaksanaan rencana kerja dinas;

f. Pelaksanaan pengelolaan keuangan;

g. Pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas sub bagian perencanaan dan keuangan.

 

B. Uraian tugas:

a. Melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;

b. Melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis perencanaan dan pengelolaan keuangan dinas;

c. Melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis bidang perumahan rakyat, kawasan permukiman, tata ruang dan pertanahan;

d. Melakukan identifikasi, analisa, pengolahan dan penyajian data;

e. Melakukan penyiapan data sebagai bahan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan rencana kerja dinas;

f. Melakukan pengelolaan sistem informasi manajemen terintegrasi;

g. Melakukan pengeloaan anggaran dinas;

h. Melakukan pengeloaan perbendaharaan dinas;

i. Melakukan verifikasi dan akuntansi keuangan dinas;

j. Melakukan evaluasi dan pelaporan pertanggungjawaban keuangan dinas;

k. Menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan perencaan dan pengeloaan keuangan dinas, serta menyajikan alternatif pemecahannya;

l. Mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanakan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;

m. Memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;

n. Melakukan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;

o. Melakukan tugas lain yang diberkan oleh atasan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

C. Tanggung jawab :

a. Kebenaran dan keakuratan data sebaga bahan penyusunan rencana kerja;

b. Ketersediaan dan kebenaran data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis bidang perencanaan dan pengelolaan keuangan dinas serta kebijakan teknis bidang permukiman, perumahan rakyat dan pertanahan;

c. Kelancaran dan keteraturan pelaksanaan urusan, tugas, dan pelayanan bidang perencanaan dan pengelolaan keuangan dinas;

d. Ketetapan distribusi tugas dan pemberian motivasi kepada bawahan;

e. Kelancaran dan keefektifan pelaksanaan koordinasi;

f. Ketetapan dan keefektifan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan

g. Tugas subbagan perencanaan dan keuangan

 

4. Nama jabatan : Kepala Sub Bagian Umum Kepegawaian

A. Tugas pokok dan fungsi :

Kepala sub bagian umum dan kepegawaian mempunyai tugas pokok membantu sekretaris dalam melakukan urusan ketatausahaan, kepegawaian, rumah tangga, perlengkapan, perpustakaan, humas dan protokol.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, kepala sub bagian umum dan kepegawaian mempunyai fungsi :

a. Penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;

b. Penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis ketatausahaan, kepegawaian, rumah tangga, perlengkapan, perpustakaan, humas dan protokol;

c. Pengeloaan urusan ketatausahaan;

d. Pengelolaan administrasi kepegawaian;

e. Pengelolaan dan penatausahaan aset dinas;

f. Pengelolaan kearsipan dinas;

g. Pelaksanaan urusan rumah tangga, perlengkapan, perpustakaan, humas dan protokol;

h. Pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas sub bagian umum dan kepegawaian.

 

B. Uraian tugas

a. Melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan penyusun rencana kerja;

b. Melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis ketatausahaan, kepegawaian, rumah tangga, perlengkapan, perpustakaan, humas dan protokol;

c. Melakukan urusan ketatausahaan badan;

d. Melakukan urusan administrasi kepegawaian;

e. Melakukan pengelolaan dan penatausahaan aset dinas;

f. Melakukan pengelolaan kearsipan dinas;

g. Melakukan urusan rumah tangga, perlengkapan, perpustakaan, humas dan protokol;

h. Menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan pengelolaan urusan umum dan kepegawaan serta menyajikan alternatif pemecahannya;

i. Mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing – masing;

j. Memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;

k. Melakukan pengendalian, evaluas dan pelaporan pelaksanaan tugas;

l. Melakukan tugas lain yang diberkan oleh atasan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

C. Tanggung Jawab :

a. Kebenaran dan keakuratan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;

b. Ketersediaan dan kebenaran data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pengelolaan urusan umum dan kepegawaian;

c. Kelancaran dan keteraturan pelaksanaan tugas dan pelayanan urusan umum dan kepegawaian;

d. Ketepatan distribusi tugas dan pemberian motivasi kepada bawahan;

e. Kelancaran dan keefektifan pelaksanaan koordinas;

f. Ketepatan dan keefektifan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan tugas sub bagian umum dan kepegawaian.

5. Nama Jabatan : Kepala Bidang Bangunan Gedung

A. Tugas pokok dan fungsi :

Kepala bidang bangunan gedung mempunyai tugas pokok membantu kepala dinas dalam melaksanakan perencaan teknis, penyuluhan, pembangunan, pemeliharaan dan oengendalian urusan bangunan gedung.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, kepala bidang bangunan gedung mempunyai fungsi :

a. Penyiapan bahan penyusunan rencana kerja;

b. Penyiapan bahan permusan kebijakan umum dan tekns operasional urusan bangunan gedung;

c. Supervisi pemberian pertimbangan teknis bidang bangunan gedung;

d. Pelaksanaan penyuluhan bidang bangunan gedung;

e. Supervisi pembangunan bangunan gedung negara dan rumah negara baru, pengembangan dan/atau rehab berat yang tidak diatur khusus oleh peraturan perundang-undangan.

f. Pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas bidang bangunan gedung.

6. Nama Jabatan : Kepala Seksi Perencanaan Teknis Bangunana Gedung

A. Tugas Pokok dan fungsi

Kepala seksi perencanaan teknis bangunan gedung mempnyai tugas pokok membantu kepala bidang bangunan gedung dalam melakukan perencanaan teknis, pembuatan spesifikasi teknis dan penyuluhan bidang bangunan gedung.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, kepala seksi perencanaan teknis bangunan gedung mempunyai fungsi :

a. Penelaahan data/informasi sebagai bahan penyusnan rencana kerja;

b. Penelaahan data/informasi sebagai bahan perumsan kebijakan umum dan teknis operasional perencanaan teknis bangunan gedung;

c. Penelaahan data sebagai bahan untuk pemberian pertimbangan teknis bidang bangunan gedung;

d. Pelaksanaan pembuatan spesifikasi teknis bangunan gedung;

e. Pengelolaan dan inventarisasi data bidang bangunan gedung;

f. Pelaksanaan penyuluhan bdang bangunan gedung;

g. Pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas seksi perencanaan teknis bangunan gedung.

7. Nama jabatan : Kepala seksi bangunan gedung

A. Tugas pokok dan fungsi :

Kepala seksi bangunan gedung mempunyai tugas pokok membantu kepala bidang perumahan dan bangunan gedung dalam melakukan pembangunan, pemeliharaan dan pengendalian bangunan gedung.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, kepala bangunan gedung mempunyai fungsi :

a. Penelaahan data/informasi sebaga bahan penyusunan rencana kerja;

b. Penelaahan data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional pembangunan dan pemeliharaan bangunan gedung;

c. Monitoring, pengawasan, dan penaksiran terhadap pelaksanaan pembangunan dan pemeliharaan bangunan gedung negara dan rumah negara;

d. Pembangunan bangunan gedung negara dan rumah negara baru, pengembangan dan/atau rehab berat yang tidak diatur khusus oleh peraturan perundang-undangan.

e. Verifikasi perencanaan dan perancangan teknis bangunan gedung yang di laksanakan oleh pihak lain;

f. Pengelolaan dan inventarisasi data bangunan gedung;

g. Pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas seksi bangunan gedung.

8. Nama jabatan : Kepala Seksi Penataan Bangunan dan Lingkungan

A. Tugas pokok dan fungsi :

Kepala seksi penataan bangunan dan lingkungan mempunyai tugas pokok membantu kepala bidang bangunan gedung dalam merencanakan, melaksanakan, memperbaiki, mengembangkan atau melestarikan bangunan dan lingkungan/kawasan tertentu sesuai dengan prinsip pemanfaatan ruang dan pengendalian bangunan gedung dan lingkungan secara optimal.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, kepala seksi penataan bangunan dan lingkungan mempunyai fungsi :

a. Penelaahan data/informasi sebagai bahan penyusunan rencana kerja;

b. Penelaahan data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional penataan bangunan dan lingkungan;

c. Perencanaan teknis, pelaksanaan konstruksi, perbaikan, pengembangan atau pelestarian bangunan dan lingkungan/kawasan tertentu sesuai dengan prinsip pemanfaatan ruang dan pengendalian bangunan gedung dan lingkungan secara optimal;

d. Pelaksanaan monitoring dan pengawasan terhadap pelaksanaan penataan bangunan dan lingkungan;

e. Pelaksanaan penyuluhan penataan bangunan dan lingkungan;

f. Pelaksanaan pembinaan teknis kepada masyarakat atau pihak lain dalam pembangunan dan pemelharaan bangunan gedung;

g. Pengelolaan dan inventarisasi data penataan bangunan dan lingkungan;

h. Pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas seksi penataan bangunan dan lingkungan.

 

9. Nama jabatan : Kepala Bidang Tata Perumahan dan Permukiman

A. Tugas pokok dan fungsi

Kepala bidang tata perumahan dan permukiman mempunyai tugas pokok membantu kepala dinas dalam melaksanakan pengelolaan tata perumahan dan permukiman.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, kepada bidang tata perumahan dan permukiman mempunyai fungsi :

a. Penyusunan rencana kerja bidang tata perumahan dan permukiman

b. Perumusan kebijakan teknis operasional bidang tata perumahan dan permukiman

c. Penyusunan pedoman pengaturan standarisasi bidang tata perumahan dan permukiman

d. Pembinaan, pengemabngan, pelaksanaan penataan tata perumahan dan permukiman

e. Pengordinasian, sinkronisasi kegiatan bidang tata perumahan dan permukiman

f. Pelaksanaan program dan kegiatan bidang tata perumahan dan permukiman

g. Pelaksanaan evaluasi, supervisi kegiatan bisang tata perumahan dan permukiman

h. Menyelenggarakan pembinaan, pengelolaan, penataan tata perumahan dan permukiman

i. Melaksanakan pengendalian teknis program pengelolaan, penataan tata perumahan dan permukiman

j. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan pembinaan, pengendalian teknis program tata perumahan dan permukiman

k. Melaksanakan pemetaan tata perumahan dan permukiman

l. Menyusun laporan sesuai tugas dan fungsinya

 

10. Nama jabatan : Kepala Seksi Perumahan dan permukiman

A. Tugas pokok dan fungsi :

Kepala seksi perumahan dan permukiman mempunyai tugas melakukan pembinaan, koordinasi, monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan bidang perumahan dan permukiman.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Seksi Perumahan dan Permukiman mempunyai fungsi :

a. Menyusun rencana kerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;

b. Penelaahan data sebagai bahan perumusan, kebijakan teknis perumahan permukiman, jalan lingkungan, dan drainase lingkungan;

c. Melaksanakan pengumpulan, pemutakhiran dan penyimpanan data, dengan evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka swadaya penyusunan rencana kerja pembangunan rumah formal dan rumah swadaya;

d. Menyiapkan bahan penetapan dan pengendalian peraturan daerah, kebijakan dan strategi pembangunan kawasan wilayah kabupaten;

e. Melaksanakan pengawasan dan pengendalian pembangunan kawasan di wilayah kabupaten

11. Nama jabatan : Kepala Seksi Pencegahan dan Penanganan Perumahan dan Permukiman Kumuh

A. Tugas pokok dan fungsi :

Kepala seksi pencegahan dan penanganan, perumahan dan permukiman kumuh mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Tata Perumahan dan Permukiman dalam melakukan pembinaan, koordinasi, monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan bidang pencegahan dan penanganan perumahan dan permukiman kumuh.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, kepala seksi pencegahan dan penanganan perumahan permukiman kumuh mempunyai fungsi:

a. Penelaahan data/informasi sebagai bahan penyusunan rencana  kerja;

b. Penelaahan data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional pencegahan dan penanganan perumahan permukiman kumuh;

c. Pembinaan, koordinasi, monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan bidang pencegahan dan penanganan perumahan dan permukiman kumuh;

d. Pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas pencegahan dan penanganan perumahan permukiman kumuh

 

12. Nama jabatan : Kepala Seksi Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum

A. Tugas Pokok dan Fungsi :

Membantu kepala bidang dan mempunyai fungsi :

a. Penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;

b. Penelaahan data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan prasarana, sarana dan utilitas umum pada perumahan dan pemukiman;

c. Pelaksanakan pengelolaan prasarana, sarana dan utilitas umum pada perumahan dan permukiman;

d. Perencanaan penyediaan lahan untuk kelengkapan prasarana, sarana dan utilitas umum perumahan dan permukiman;

e. Pelaksanaan pengelolaan sarana dan prasarana umum perumahan dan permukiman yang meliputi bangunan trotoar, drainase, furniture, tugu batas, papan reklame dan taman;

f. Pelaksanaan peluasan jaringan listrik perdesaan dan pengelolaan penerangan jalan desa.

13. Nama jabatan : Kepala Bidang Pertanahan dan Tata Ruang

A. Tugas pokok dan fungsi :

Kepala bidang pertanahan dan tata ruang mempunya tugas pokok membantu kepala dinas dalam melaksanakan pengaturan, pembinaan, pengawasan, pelaksanaan serta pengendalian pemanfaatan tanah dan ruang.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Bidang Pertanahan dan Tata Ruang mempunyai fungsi :

a. Penyiapan bahan penyusunan rencana kerja;

b. Penyiapan bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional urusan pertanahan dan tata ruang;

c. Penyusunan perencaan teknis bidang pertanahan dan tata ruang;

d. Pelaksanaan penyuluhan bidang pertanahan dan tata ruang;

e. Pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas bidang pertanahan dan tata ruang.

14. Nama jabatan : Kepala Seksi Perencanaan Tata Ruang

A. Tugas Pokok dan Fungsi :

Kepala Seksi Perencanaan Tata Ruang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Pertanahan dan Tata Ruang dalam melakukan perencanaan teknis, pengaturan dan pembinaan terkait perencanaan tata ruang.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Seksi Perencanaan Tata Ruang mempunyai fungsi :

a. Penelaahan data/informasi sebagai bahan penyusunan rencana kerja;

b. Penelaahan data/informasi sebagai bahan prumusan kebijakan umum dan teknis operasional perencanaan tata ruang;

c. Pelaksanaan pelayanan bidang tata ruang sesuai standar pelayanan minimal(SPM);

d. Pengelolaan dan inventarisasi data bidang tata ruang;

e. Pelaksanaan pembinaan bidang tata ruang;

f. Pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas seksi perencanaan tata ruang.

15. Nama jabatan : Kepala Seksi Pertanahan

A. Tugas Pokok dan Fungsi

Kepala seksi pertanahan mempunya tugas pokok membantu kepala bidang pertanahan dan tata ruang dalam melakukan perencanaan penggunaan tanah, fasilitas dan pengadaan tanah, serta penyelesaian sengketa tanah.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, kepala seksi pertanahan mempunyai fungsi :

a. Penyusunan sistem basis data dan penelaahan data/informasi sebagai bahan penyusunan rencana kerja;

b. Penelaahan data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis urusan pertanahan;

c. Pelaksanaan perencanaan penggunaan tanah daerah;

d. Pelaksanaan dan fasilitas pengadaan tanah untuk kepentngan umum;

e. Pelaksanaan penyelesaian sengketa tanah daerah;

f. Pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas seksi pertanahan.

 

16. Nama jabatan : Kepala Seksi Pengendalian Pemanfaatan Ruang

A. Tugas Pokok dan Fungsi :

Kepala Seksi Pengendalian Pemanfaatan Ruang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Pertanahan dan Tata Ruang dalam melakukan fasilitas pelaksanaan pembinaan teknis dan pelayanan umum terkait Pengendalian Pemanfaatan Ruang.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Seksi Pengendalian Pemanfaatan Ruang mempunyai fungsi :

a. Penelaahan data/informasi sebagai bahan penyusunan rencana kerja;

b. Penelaahan data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional pengendalian pemanfaatan ruang;

c. Pengelolaan dan inventarisasi data pengendalian pemanfaatan ruang;

d. Pelaksanaan pengendalian pemanfaatan ruang;

e. Pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas seksi pengendalian pemanfaatan ruang;

17. Nama jabatan : Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Permukiman, Perumahan Rakyat dan Pertanahan (UPTD Perkimtaru) Wilayah

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI:

Kepala UPTD permukiman, perumahan rakyat dan pertanahan wilayah mempunyai tugas pokok membantu kepala dinas dalam melakukan pembinaan,pengawasan, monitoring,evaluasi,dan pengendalian teknis urusan permukiman, perumahan rakyat dan pertanahan diwiayah kerjanya.

1. Wilayah I membawahi wilayah : kecamatan kramat,kecamatan suradad, kecamatan warureja.

2. Wlayah II membawahi wilayah : kecamatan tarub, kecamatan talang,kecamatan adiwerna,kecamatan dukuhturi.

3. Wlayah III membawahi wilayah : kecamatan pangkah, kecamatan jatinegara,kecamatan kedungbanteng.

4. Wlayah IV membawahi wilayah : kecamatan slawi, kecamatan lebaksiu, kecamatan dukuwaruh.

5. Wlayah V membawahi wilayah :kecamatan pagerbarang,kecamatan balapulang,kecamatan margasari.

6. Wlayah VI membawahi wilayah : kecamatan bojong, kecamatan bumijawa.

Untk melaksanakan tugas tersebut, kepala UPTD permukiman, perumahan rakyat dan pertanahan wlayah mempunyai fungsi:

a. Penyusunan rencana kerja UPTD permukiman, perumahan rakyat dan pertanahan wilayah;

b. Penelaahan data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan tekns operasional urusan permukiman, perumahan rakyat dan pertanahan di wilayah kerja UPTD permukiman, perumahan rakyat dan pertanahan wilayah;

c. Pelaksanaan pembinaan teknis urusan permukiman, perumahan dan pertanahan wilayah di wilayah kerjanya;

d. Pelaksanaan pengawasan, montorng dan evaluasi serta pengendalian teknis permukiman, perumahan rakyat dan pertaanahan wilayah dan wilayah kerjanya;

e. Pembinaan dan penfelolahan ketatausahaan UPTD pemukiman, perumahan rakyat dan pertanahan wilayah;

f. Pengendalian, evaluasi dan pelapor pelaksana tugas UPTD permukiman, perumahan rakyat dan pertanahan wilayah;

18. NAMA JABATAN : KEPALA SUB BAGIAN TATA USAHA UPTD

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala sub bagian tata usaha UPTD mempunyai tugas pokok membantu kepala UPTD dalam melakukan penyiapan bahan  penyusunan rencana kerja,dan ketatausahan UPTD.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, kepala sub bagian tata usaha UPTD mempunyai:

a. penyiapan bahan penyusunan rencana kerja UPTD;

b. pelaksanaan koordinasi pengelolaan ketatausahaan UPTD ;

c. pelaksanaan kegiatan ketatausahaan UPTD;

d. pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas sub bagian tata usaha UPTD;

19. Nama jabatan : Kelompok Jabatan Fungsional

Kelompok jabatan fungsional mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam pelaksanaan wewenang, tugas pokok dan fungsi Dinas sesuai uraian tugas berdasarkan Pedoman Angka Kredit Jabatan. Dalam menjalankan tugasnya kelompok jabatan fungsional mendasarkan pada prinsip kompetensi, keahlian/keterampilan tertentu serta bersifat mandiri